Assalamualaikum everbody ... welcome back to my blog. Pada kesempatan kali ini , saya mau memberikan informasi tentang Bauran Pemasaran ...
Ada banyak ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang arti Bauran Pemasaran loh ....
Menurut kotler dan Armstrong (1997) , pengertian marketing mix adalah perangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan, produk, harga, distribusi, dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan dalam target market .
Menurut Sumarmi dan Soeprihanto (2010), pengertian bauran pemasaran adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran yaitu produk, harga, promosi, dan distribusi. Dengan kata lain definisi marketing mix adalah kumpulan dari variabel yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk dapat mempengaruhi tanggapan konsumen.
Menurut Gugup Kismono (2001), pengertian marketing mix adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari pemasaran yang terdiri dari strategi produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan tempat (place).
Ok next .......
Selanjutnya , mari kita bahas tentang topik utama kita . Bauran Pemasaran disebut juga Marketing Mix yang merupakan suatu kumpulan dari variabel- variabel pemasaran . Marketing Mix ini bisa digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran pada sasaran pasar yang tepat .
Bauran pemasaran juga dimanfaatkan sebagai alat pemasaran suatu pemasaran untuk mencapai target pasar . Tak hanya itu , bauran pemasaran ini juga terbentuk dari himpunan variabel dan bisa digunakan maupun dikendalikan oleh suatu perusahaan . Dengan cara demikian produk akan menyasar konsumen yang tepat .
Ada 4 komponen penting dalam Marketing Mix , diantaranya :
Produk atau Product
Yang dimaksud dengan produk adalah hal yang kita jual dalam bisnis meliputi barang atau jasa yang memiliki nilai guna dan dibutuhkan oleh konsumen. Kunci utama dari sebuah produk yakni barang atau jasa tersebut harus dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen. Selain itu, diperlukan juga nilai lebih dibanding produk lain agar produk kita lebih mudah diterima konsumen.
Harga atau Price
Harga merupakan uang yang harus diberikan konsumen untuk mendapatkan barang atau jasa yang dijual. Harga menjadi aspek yang sangat penting karena umumnya konsumen menjadikan harga sebagai pertimbangan utama sebelum membeli. Mengingat sifatnya yang sangat fleksibel, ada baiknya Anda selalu mengikuti dinamika pasar agar bisa menetapkan harga pada level yang tepat. Dimana harga tetap bisa diterima masyarakat namun juga tetap menghasilkan keuntungan.
Tempat atau Place
Tempat usaha merupakan lokasi dimana kita akan melakukan proses jual beli. Bagi usaha konvensional aspek ini memang sangat penting. Anda harus memperhatikan apakah lokasi tersebut cukup strategis dan mudah dikunjungi konsumen. Namun dengan makin berkembangnya bisnis modern seperti bisnis online kini pengertian aspek tempat kian beragam disesusaikan dengan media yang digunakan.
Promosi atau Promotion
Promosi adalah kegiatan bisnis yang mempunyai tujuan agar konsumen bisa lebih mengenal dan tertarik dengan produk bisnis Anda. Dalam kegiatan ini, Anda harus mampu mengubah presepsi konsumen menjadi positif mengenai bisnis kita. Untuk melakukannya banyak sekali teknik promosi baik secara manual lewat face to face promotion hingga promosi online yang kini semakin pesat berkembang.
Ok itu dia sedikit penjelasan tentang Bauran Pemasaran atau Marketing Mix , Semoga bisa menambah pengetahuan untuk kalian- kalian yang akan memulai usaha atau sedang mengembangkan usaha .....
Sampai jumpa di tulisan selanjutnya ,
Wassalamualaikum .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar